Bertambahnya Jumlah Perokok Akibat Globalisasi

Bertambahnya Jumlah Perokok Akibat Globalisasi

Globalisasi sepertinya telah memberikan dampak negatifnya. Selain manfaat untuk memajukan suatu Negara mengikuti perkembangan zaman kenyataan menunjukan jika globalisasi turut mengubah gaya hidup masyarakat ke arah yang cukup merugikan. Penduduk Indonesia saat ini telah mengikuti kebiasaan orang – orang barat. Padahal tidak semua perilaku yang berasal dari Negara maju sesuai dengan pola hidup sehat dan khususnya nilai – nilai yang dianut oleh bangsa kita. Lihatlah bagaimana saat ini mengkonsumsi minuman berakohol mulai dipandang sebagai hal yang biasa. Padahal sangat jelas kalau Indonesia merupakan salah satu Negara yang tegas terhadap kegiatan jual beli minuman keras.

Bertambahnya Jumlah Perokok Akibat Globalisasi

Efek buruk dari globalisasi yang paling mudah kita lihat adalah semakin bertambahnya jumlah perokok aktif. Lebih disayangkan lagi anak – anak di bawah umur termasuk di dalamnya. Kaum wanita pun juga mulai banyak yang merokok dengan pandangan bahwa menghisap rokok dapat meningkatkan daya tarik mereka. Beberapa diantaranya bahkan berpandangan bahwa jika di zaman ini kita tidak merokok maka artinya kita tidak tanggap terhadap trend baru. Ya, merokok kini menjadi sebuah trend yang mengakibatkan perokok baru bermunculan. Kita bisa tahu sendiri kalau belakangan alat baru untuk menikmati nikotin yang disebut vape muncul dan mendapat banyak peminat. Orang – orang pun mulai banyak yang tertarik untuk mencobanya, apalagi ketika mereka merasa bahwa alat tersebut sangat keren untuk digenggam dan digunakan.

Menyikapi hal ini pemerintah dituntut untuk segera melakukan tindakan masif supaya kualitas hidup masyarakat tetap terjaga. Asap rokok tidak ubahnya sebuah polusi udara. Dalam setiap asap yang dihembuskan perokok aktif terkandung banyak sekali zat kimia yang akan mengganggu kesehatan para perokok pasif. Memang telah ada langkah dari perintah yaitu mulai dari penaikan nilai cukai tembakau dan menerapkan kawasan yang bebas dari asap rokok namun sepertinya pemerintah masih harus mengevaluasinya untuk menemukan solusi terbaik. Solusi yang bukan hanya sekedar memasang tanda dilarang merokok namun sebuah tindakan yang dapat memberikan kesadaran masyarakat tentang bahaya merokok.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*